Mengirim Via EMAIL ? CONTOH LAMARAN KERJA ini


Begitu Banyak Contoh Lamaran Kerja lewat email yaitu artikel-artikel yang beredar di Internet. Dan banyak informasi mengenai Contoh Lamaran Kerja yang Baik. Artikel kali ini akan membahas mengenai bagaimana memperhatikan hal kecil secara detail untuk sebuah hasil yang baik dan berdampak. Ada banyak Hal umum yang Harus dipersiapkan untuk menjadi orang yang sukses. Dan orang sukses selalu memiliki sifat yang sama. Yaitu tidak meremehkan hal kecil. Melamar pekerjaan adalah hal paling krusial dan penting bagi pelamar kerja. Melamar pekerjaan berarti anda sedang mempromosikan “siapa” diri anda. Apa kemampuan anda, Pengalaman apa yang anda punya, dan siapa sebenarnya anda.

Beribu-ribu Contoh Lamaran Kerja selalu diterima oleh seorang HRD, sebagai seorang HRD yang baik, tentu akan melakukan seleksi calon karyawan dengan sebaik mungkin. Lalu bagaimana cara seorang HRD menyeleksi Puluhan bahkan ratusan Contoh lamaran Kerja yang masuk setiap harinya ? apakah staf assistant nya dapat membantu dengan baik tanpa ada kesalahan sama sekali ? apakah optimal ?

Mari berfikir dan memposisikan diri kita jika menjadi seorang HRD Atau Asisstant HRD saat menerima puluhan Contoh Lamaran Kerja Setiap hari. Memang masing-masing HRD Mempunyai treatment yang berbeda-beda. Tetapi yang pasti hukumnya adalah, mereka memilih treatment yang Cepat dan Tepat. Yang baik untuk perusahaan dan juga karir.

Nah bagaimana agar Contoh Lamaran Kerja yang dikirim dapat di terima dengan Optimal ?
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan berikut Contoh lamaran kerja Via Email yang Harus diperhatikan.

1    1. Jangan menggunakan Nama Email yang tidak Formal dan Konyol.

Contoh lamaran Kerja yang baik sudah mulai dari alamat email yang anda gunakan. Alamat email yang anda gunakan adalah cerminan dari karakter anda. Email yang asal-asalan menandakan anda bukan orang yang serius. Maka hindari nama email dengan contoh seperti :

·         (dindacut4@Gmail.com,
·         Akup4angeranHat1@gmail.com ,
·         chelaluuecantique@gmail.com .

Itu SANGAT FATAL !, maka jangan gunakan email yang konyol. Contoh lamaran kerja yang baik adalah contoh lamaran kerja yang menggunakan nama asli anda. Jika nama asli anda sudah digunakan oleh orang lain, tambahkan angka tertentu, misal umur anda dan sebagainya yang tidak lebih dari 2 angka saja. Contoh (Andreadovi20@gmail.com) adalah nama beserta umur.

2    2.  Kecilkan Size berkas yang akan dikirim

Percayalah, bahwa berkas contoh lamaran kerja yang anda kirim akan sulit diterima jika ukuran berkas contoh lamran kerja anda memiliki kapasitas file yang besar. Bayangkan jika puluhan pelamar kerja mengirim contoh lamaran kerja nya dengan kapasitas  5 – 20 MB per orangnya ? bukan masalah kuota, tapi hal ini berkaitan dengan efektifitas dari sebuah pekerjaan. Akankah karyawan HRD dan assistantnya akan menghabiskan waktu dan tenaga untuk contoh lamaran kerja seorang pelamar yang mereka juga belum tahu kualitas dan bobotnya ? itu sama saja seperti memilih puluhan kucing dalam karung. apakah juga tidak ada masalah jika 5 MB x 40 – 80 Lamaran x 25 Hari kerja ?
Hal tersebut sangat konyol dilakukan.

Usahakan keseluruhan file contoh lamaran kerja anda maksimal hanya sebesar 1,2 MB saja.
Dengan tetap memperhatikan Kualitas dari File Scanning yang anda lampirkan. Jangan sampai Contoh lamaran kerja anda justru tidak bisa di baca karena buram.
Ada cara yang sangat efektif untuk mengecilkan size File tanpa mengurangi kualitas gambar terlalu signifikan. Dengan total file yang kecil. Maka Pihak Perusahaan tidak akan keberatan untuk mengunduh contoh lamaran kerja anda.


3    3.  Packaging yang Tepat

Packaging atau Pengemasan sebuah contoh lamaran kerja haruslah tepat. Dan rumusnya adalah “simple”. Jika demikian, haruslah diperhatikan hal-hal mengenai contoh lamaran yang baik dengan seksama.

Jangan mengemas Berkas contoh lamaran kerja anda dengan file RAR, ZIP. jangan pula mengelompokkan Berkas lamaran anda dalam berbagai folder. Mungkin maksud anda agar rapih. Tapi kembali ke Prinsip. Rapihlah dengan simple. Jika ingin memakai Folder. Sebaiknya Jangan terlalu banyak Forder dan Sub Folder yang tak perlu. Tapi artikel ini lebih menyarankan agar Contoh lamaran kerja dimasukkan ke dalam 1 File Word. Jadi ketika ada berkas Ijazah, Transkip Nilai, Sertifikat, KTP, dll, Maka masukkan lah kedalam 1 File Word.

File Word membantu tingkat keberhasilan File anda dibuka. Dalam hal ini File Word pastilah file yang tidak asing bahkan untuk siswa SD sekalipun. Berbeda dengan File ZIP, RAR dan lainnya yang perlu extract untuk membuka File. Dan tidak semua orang tahu dan bisa melakukan Extract. Dan keunggulan yang lain adalah ketika anda mengirim via Email tentunya. Maka Isi di dalam File word akan terlihat  di Email.





Hal ini akan membantu peluang File Anda dibuka oleh HRD, Karena ada Teaser / Penggoda di Contoh lamaran kerja File Word anda.

4    4. Tata Letak Berkas yang baik

Di Poin ke 3 telah membahas mengenai pengemasan yang tepat. Yaitu bagaimana File-file hasil Scanning anda di kemas dengan baik dan simple. Di poin ke 4 ini adalah kelanjutan dari file yang telah anda kemas tersebut dan bagaimana cara menarik perhatian sebelum file tersebut dibuka. Yang harus diperhatikan dalam membuat Contoh lamaran kerja yang baik adalah Curriculum Vitae harus berada di halaman paling atas dari file Word. Berikut Contoh Lamaran kerja susunannya.

·         Curriculum Vitae
·         Surat Lamaran Kerja
·         Ijazah
·         Transkip Nilai
·         Berkas Berkas Pelengkap.

Agar strategi ini berhasil, maka diperlukan curriculum vitae yang menarik. Fungsi dari Curriculum Vitae adalah mempromosikan diri anda sebaik mungkin.

(Baca: CONTOH CURRICULUM VITAE yang DISUKAI HRD)


5    5. Berikan Subjek pada Kiriman

Agar Contoh Lamaran Kerja anda tidak sia – sia, maka harus diperhatikan untuk memberikan Subject  Email saat anda mengirim Lamaran Kerja. Subject tersebut memberikan seberapa penting Kiriman anda dan maksud dari kiriman anda. Karena tidak semua perusahaan memiliki email recruitment sendiri. Subject yang Normal adalah Tujuan yang anda lakukan.
Contoh : LAMARAN PEKERJAAN. LAMARAN KERJA. SURAT LAMARAN KERJA. DLL
Akan tetapi artikel ini menyarankan agar memberikan informasi berulang yang mempermudah HRD menghubungi anda. Maka berikanlah identitas tertentu untuk mempermudah komunikasi. CONTOH : LAMARAN PEKERJAAN_ADINDA AYU_085747159444_MANAGER MARKETING
Dan anda bisa improvisasi untuk membuat subject. Tapi harap selalu meletakkan kata “Lamaran kerja” di paling depan. Karena disitu letak point Pesan anda.




6. Berikan Pesan Singkat mengenai Diri anda pada

Daripada memberikan kesan yang Biasa dilakukan kabanyakan orang, yaitu mencantumkan surat lamaran Pekerjaan pada Text Email. Lebih baik memberikan pesan dengan singkat dan tidak pasaran. Intinya, Contoh lamaran kerja haruslah dengan cepat menarik perhatian HRD.
Setelah itu. Biarkan Surat lamaran anda berbicara saat file anda telah di Unduh dan dibuka.
Untuk memberikan pesan pada contoh lamaran kerja. Jangan menggunakan kata seperti disiplin, kerja keras dan sebagainya. sampaikan saja kata-kata teaser atau penggoda yang sifatnya bersambung dan tak lengkap, untuk menarik HRD mengunduh File dan membaca selengkapnya dari pesan anda.

Keseluruhan Strategi dan cara diatas tidaklah berguna, jika tanpa Perjuangan yang gigih dan Konsisten. Anda harus benar – benar menerapkannya dengan baik dan Konsisten. Terimakasih, semoga bermanfaat.

3 Responses to "Mengirim Via EMAIL ? CONTOH LAMARAN KERJA ini"