Pilih mana? Smartphone Blackberry atau Android


Pilih mana ? Smartphone Blackberry atau Smartphone Android – Tak dipungkiri lagi, bahwa Smartphone telah menjadi Gaya Hidup dari masyarakat di Seluruh dunia. Kurang lengkap rasanya jika kita tidak mengikuti perkembangan teknologi Smartphone terbaru. Begitu banyak Merk Smartphone terdapat di Pasaran, seperti Samsung, Lenovo, xiaomi, Sony, Acer, Asus dan masih banyak lagi. Dan banyak dari Smartphone memiliki teknologi yang berbeda, ada yang mengandalkan dengan kamera terbaik, ada pula yang memberikan kapasitas memori internal smartphone 2GB untuk sebuah penyimpanan yang ideal. Dengan begitu banyaknya bermunculan smartphone terbaru dan terbaik, anda tentu mengetahui 2 Vendor smartphone ini. Benar, Bahasan kali ini akan lebih mengangkat Sistem Operasi, dari 2 Jenis Merk Smartphone yaitu Smartphone Blackberry dan Smartphone Android. 

Tentu anda sudah tahu yang dimaksud sistem Operasi Bukan ? (Baca : Macam-Macam Sistem Operasi Tercanggih Pada Smartphone)

Yap !, Smartphone yang diciptakan oleh Perusahaan RIM (Research In Motion) adalah salah satu Merk Smartphone Terlaris di dunia. Dengan Sistem Operasi Blackberry OS dan BBM, Blackberry mampu menjadi Merk Smartphone Terlaris Khususnya di Indonesia. Pada tahun 2013 Blackberry mampu menduduki Urutan Ke 3 dari 10 Merk Smartphone Terlaris di Indonesia.

Lalu Bagaimana dengan Smartphone Android ?

Mengacu dari kata Android, Adalah Sistem Operasi Mobile yang di pakai oleh begitu banyak Perusahaan Besar untuk Produk Smartphonenya, seperti SAMSUNG, SONY, LENOVO, ASUS, XIAOMI. Maka dari itu “Smartphone Android” adalah penggunaan untuk produk-produk Smartphone apapun yang memakai sistem operasi android. Kepopuleran dari OS Android tak lepas dari kebebasan yang nyaris tak terbatas. Pengguna dibuat berekspresi sebebas mungkin sesuai dengan yang pengguna inginkan. Hal ini dikarenakan Sistem Operasi Android menggunakan Basis Linux yang terkenal dengan Opensource nya. (Baca : Pengertian Sistem Operasi Linux dan Macam Macam Sistem Operasi Linux)

Untuk anda yang berencana membeli satu diantara Kedua Produk Smartphone ini. Dan masih bingung ingin menentukan pilihan. Ada berbagai hal yang Harus anda ketahui. Tentu beberapa dari anda telah mendapatkan informasi dari teman ataupun kerabat mengenai kedua Produk Smartphone ini.



Berpegang pada pengalaman Pribadi saat Membeli dan menggunakan 2 Jenis Smartphone ini. Yaitu Blackberry Bold 9000, Blackberry Curve 8530, Blackberry Z10. Kemudian SONY XPERIA C3 (Android). Penilaian PRIBADI untuk kedua Merk, yaitu Blackberry dan Android yang akan dilakukan adalah penilaian dari segi fungsional. Ada beberapa hal yang telah terangkum, yaitu mengenai 4 Hal.



1. Aplikasi

Untuk Smartphone Blackberry, tidak banyak pilihan aplikasi yang dapat ditemui. Untuk anda yang suka menggunakan aplikasi seperti Instagram, Path, Dubsmash, anda tidak akan menemukan aplikasi ini di AppWorld, secara resmi ketiga aplikasi diatas tidak terdapat di AppWorld. untuk mendapatkannya, anda harus mendownload dari situs lain. Dan tak semua orang tahu situs mana saja yang menyediakan aplikasi tersebut. Tentu hal ini sangat membuat bingung dan rumit. Bagi anda yang tak suka dengan hal tersebut. Fikirkan terlebih dahulu. 

Berbeda dengan Smartphone Blackberry, Smartphone android dengan Playstore nya justru menyediakan begitu banyak Aplikasi di dalamnya. Tak kurang 700.000 Aplikasi yang terdiri dari Aplikasi Edukasi, Informasi, Game, Ebook dan sebagainya. Anda dapat memilih dan mengunduhnya dengan mudah. 



2. Google Support

Seperti yang kita ketahui, Bahwa google adalah Perusahaan Internet pemilik dari Sistem Operasi Android. Tentu sebagai pemilik, google memberikan Pelayanan optimal di sistem Operasi Android. Sebagai contoh adalah aplikasi Google Maps, Google Chrome, Navigasi, Gmail, Youtube. 

Smartphone Blackberry tidak memiliki Aplikasi diatas, untuk aplikasi seperti Google Maps, Blackberry mempunyai aplikasi bernama Maps yang bekerja sama dengan tomtom. Tool yang ada di Maps Belum semudah Google Maps karena tak ada overlay satelit, Street View, atau Flyover. dan yang paling kentara adalah Data internet yang digunakan saat memakai aplikasi Maps Blackberry sangat Boros. Untuk pencarian 1 titik Lokasi saja anda bisa menghabiskan 1 Giga Byte Lebih Kuota Internet. Apa lagi memakai Navigasi ? bisa dibayangkan berapa Kuota yang anda habiskan. untuk google Chrome dalam hal ini Browser. Smartphone Blackberry memiliki Browser. Kemudian untuk Gmail dan Youtube tentu masih bisa dinikmati dari situs, bukan dari aplikasi. 



3. Data Internet

Untuk anda yang mendengar atau membaca informasi mengenai Data Internet pada Smartphone Blackberry yang dianggap Boros, maka hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Memang untuk pemakaian tertentu seperti Maps, hal tersebut sangat boros. Tapi jika anda tak memakai aplikasi maps, maka data internet di Smartphone Blackberry tidak terdapat pengaruh segnifikan dengan data internet di Smartphone Android. Bagi anda yang membutuhkan petunjuk alamat atau jalan sewaktu-waktu. Maka hal tersebut pasti membuat anda berfikir berulang kali untuk membeli Smartphone Blackberry. Yang saya bicarakan adalah Blackberry OS 10 yang kita ketahui bersama, bahwa Blackberry OS 10 adalah OS yang menggunakan Data internet selayaknya Sistem Operasi Android. Jadi ketika anda membeli Paket data. Belilah paket data yang sama seperti Smartphone Android.


4. Tampilan Interface atau Antar Muka.

Smartphone Blackberry memiliki Tampilan yang sangat Khas. Yaitu warna hitam yang mendominasi. Icon dari masing – masing aplikasi pun terlihat seragam dan terkesan rapih. Berbeda dengan Smartphone Blackberry, Smartphone android memiliki tampilan yang dapat diubah sesuai dengan selera pemiliknya. Apakah ini berlaku untuk semua sistem android di semua Tipe dan Merk Smartphone ? ya. Benar. Hal ini berlaku untuk semua jenis Smartphone manapun yang memakai Android OS. Karena pada dasarnya Android adalah sistem operasi Opensource, dan sifat Opensource inilah yang menjadi daya tarik dan tak akan bisa diubah oleh vendor Smartphone baik itu SONY, ASUS, LENOVO, XIAOMI, SAMSUNG dan Vendor lainnya. Ada beberapa orang yang merasa tak membutuhkan fitur seperti ini di smartphone, dikarenakan menyulitkan dan Terasa aneh. Biasanya mereka yang sudah Lanjut Usia tak menyukai dan menganggap fitur ini tak begitu penting di smartphone. 


                                              Tampilan Interface Sony Xperia C3




                                               Tampilan Interface Blackberry Z10


1. Inovasi

Dari segi Inovasi. Smartphone Android tak memiliki banyak hal berkaitan dengan inovasi.

Akan tetapi Blackberry OS Khususnya Blackberry OS 10 Memiliki Inovasi di aplikasi Messengernya. BBM ? Bukan. Memang BBM adalah Messenger Terbaik inovatif yang pernah tercipta dan hingga saat ini dan masih banyak digunakan oleh mayoritas pengguna baik pengguna Smartphone Android, Smartphone Blackberry ataupun Smartphone I Phone. Tapi bukan BBM, Melainkan Blackberrry Hub !!!. 

Blackberry Hub adalah Aplikasi Messenger yang mempermudah penggunanya mengetahui serta membalas segala bentuk Pesan dari segala aplikasi seperti Facebook, Twitter, BBM dalam satu Layar saja tanpa membuka Aplikasi yang bersangkutan. 
(Baca: 3 Parfum Original Murah Berkualitas untuk Pria yang peduli Penampilan

Dari 4 Segi inilah penjabaran dari Smartphone dengan Blackberry OS dan Smartphone dengan Android OS bisa diamati. Tentu anda bisa mengamati dari berbagai hal, tapi yang perlu di perhatikan adalah aspek-aspek yang lain yang perlu dipertimbangkan. Sebagai contoh dari Kamera, ada beberapa vendor menjual smartphone dengan kamera terbaik atau sebaliknya. Nah kamera di sistem Operasi Android dan Blackberry OS tak dapat diamati. Karena kualitas kamera dan sistem operasi tak ada hubungannya. Hal tersebut berhubungan dengan aspek Vendor, Sensor Kamera dan Lensa Kamera. 

Jika Anda akan membeli salah satu dari 2 tipe Smartphone, yaitu smartphone Blackberry dan smartphone Android. Ada baiknya menimbang seluruh keperluan yang ingin anda dapatkan dari sebuah Smartphone. Jangan sampai anda salah memilih Smartphone.


                                                       Tampilan Blackberry HUB


Kesimpulannya, Jika anda menginginkan Smartphone dengan Fleksibilitas dan akses Luas. Maka pilihlah Smartphone Android. Dengan itu anda bisa melakukan segalanya. Tapi jika anda menginginkan Smartphone yang simple dari segi teknologi dan masih menilai sebuah brand dalam hal ini Smartphone Blackberry sebagai Brand yang elegant (Desain, Branding dll) selain Fungsionalitasnya. Maka Pilihlah Smartphone Blackberry. Karena Smartphone Blackberry memang terkenal dengan Desainnya yang Elegan dan terlihat mahal.

Saya menggunakan Kedua OS ini. Android di SONY XPERIA C3 dan Blackberry OS 10 pada Blackberry Z10. Karena kedua Smartphone dengan 2 OS yang berbeda ini tentu memiliki keunggulan masing – masing . jadi Pilih mana ? Smartphone Blackberry atau Smartphone Android. silahkan tentukan.

1 Response to "Pilih mana? Smartphone Blackberry atau Android"