Begitu Banyak Contoh Lamaran Kerja lewat email yaitu
artikel-artikel yang beredar di Internet. Dan banyak informasi mengenai Contoh
Lamaran Kerja yang Baik. Artikel kali ini akan membahas mengenai bagaimana
memperhatikan hal kecil secara detail untuk sebuah hasil yang baik dan
berdampak. Ada banyak Hal umum yang Harus dipersiapkan untuk menjadi orang yang
sukses. Dan orang sukses selalu memiliki sifat yang sama. Yaitu tidak
meremehkan hal kecil. Melamar pekerjaan adalah hal paling krusial dan penting
bagi pelamar kerja. Melamar pekerjaan berarti anda sedang mempromosikan “siapa”
diri anda. Apa kemampuan anda, Pengalaman apa yang anda punya, dan siapa
sebenarnya anda.
Beribu-ribu Contoh Lamaran Kerja selalu diterima oleh
seorang HRD, sebagai seorang HRD yang baik, tentu akan melakukan seleksi calon
karyawan dengan sebaik mungkin. Lalu bagaimana cara seorang HRD menyeleksi
Puluhan bahkan ratusan Contoh lamaran Kerja yang masuk setiap harinya ? apakah
staf assistant nya dapat membantu dengan baik tanpa ada kesalahan sama sekali ?
apakah optimal ?
Mari berfikir dan memposisikan diri kita jika menjadi
seorang HRD Atau Asisstant HRD saat menerima puluhan Contoh Lamaran Kerja Setiap
hari. Memang masing-masing HRD Mempunyai treatment yang berbeda-beda. Tetapi yang
pasti hukumnya adalah, mereka memilih treatment yang Cepat dan Tepat. Yang baik
untuk perusahaan dan juga karir.
Nah bagaimana agar Contoh Lamaran Kerja yang dikirim dapat
di terima dengan Optimal ?
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan berikut Contoh
lamaran kerja Via Email yang Harus diperhatikan.
1 1. Jangan
menggunakan Nama Email yang tidak Formal dan Konyol.
Contoh lamaran Kerja yang baik sudah mulai
dari alamat email yang anda gunakan. Alamat email yang anda gunakan adalah
cerminan dari karakter anda. Email yang asal-asalan menandakan anda bukan orang
yang serius. Maka hindari nama email dengan contoh seperti :
·
Akup4angeranHat1@gmail.com ,
Itu SANGAT FATAL !, maka jangan gunakan
email yang konyol. Contoh lamaran kerja yang baik adalah contoh lamaran kerja
yang menggunakan nama asli anda. Jika nama asli anda sudah digunakan oleh orang
lain, tambahkan angka tertentu, misal umur anda dan sebagainya yang tidak lebih
dari 2 angka saja. Contoh (Andreadovi20@gmail.com)
adalah nama beserta umur.
2 2. Kecilkan
Size berkas yang akan dikirim
Percayalah, bahwa berkas contoh lamaran
kerja yang anda kirim akan sulit diterima jika ukuran berkas contoh lamran
kerja anda memiliki kapasitas file yang besar. Bayangkan jika puluhan pelamar
kerja mengirim contoh lamaran kerja nya dengan kapasitas 5 – 20 MB per orangnya ? bukan masalah kuota,
tapi hal ini berkaitan dengan efektifitas dari sebuah pekerjaan. Akankah karyawan
HRD dan assistantnya akan menghabiskan waktu dan tenaga untuk contoh lamaran
kerja seorang pelamar yang mereka juga belum tahu kualitas dan bobotnya ? itu
sama saja seperti memilih puluhan kucing dalam karung. apakah juga tidak ada
masalah jika 5 MB x 40 – 80 Lamaran x 25 Hari kerja ?
Hal tersebut sangat konyol dilakukan.
Usahakan keseluruhan file contoh lamaran
kerja anda maksimal hanya sebesar 1,2 MB saja.
Dengan tetap memperhatikan Kualitas dari
File Scanning yang anda lampirkan. Jangan sampai Contoh lamaran kerja anda
justru tidak bisa di baca karena buram.
Ada cara yang sangat efektif untuk
mengecilkan size File tanpa mengurangi kualitas gambar terlalu signifikan. Dengan
total file yang kecil. Maka Pihak Perusahaan tidak akan keberatan untuk
mengunduh contoh lamaran kerja anda.
( BACA : Cara Memperkecil Ukuran Foto dengan Mudah )
3 3. Packaging
yang Tepat
Packaging atau Pengemasan sebuah contoh
lamaran kerja haruslah tepat. Dan rumusnya adalah “simple”. Jika demikian,
haruslah diperhatikan hal-hal mengenai contoh lamaran yang baik dengan seksama.
Jangan mengemas Berkas contoh lamaran kerja
anda dengan file RAR, ZIP. jangan pula mengelompokkan Berkas lamaran anda dalam
berbagai folder. Mungkin maksud anda agar rapih. Tapi kembali ke Prinsip. Rapihlah
dengan simple. Jika ingin memakai Folder. Sebaiknya Jangan terlalu banyak
Forder dan Sub Folder yang tak perlu. Tapi artikel ini lebih menyarankan agar
Contoh lamaran kerja dimasukkan ke dalam 1 File Word. Jadi ketika ada berkas
Ijazah, Transkip Nilai, Sertifikat, KTP, dll, Maka masukkan lah kedalam 1 File
Word.
File Word membantu tingkat keberhasilan
File anda dibuka. Dalam hal ini File Word pastilah file yang tidak asing bahkan
untuk siswa SD sekalipun. Berbeda dengan File ZIP, RAR dan lainnya yang perlu
extract untuk membuka File. Dan tidak semua orang tahu dan bisa melakukan
Extract. Dan keunggulan yang lain adalah ketika anda mengirim via Email
tentunya. Maka Isi di dalam File word akan terlihat di Email.
Hal ini akan membantu peluang File Anda
dibuka oleh HRD, Karena ada Teaser / Penggoda di Contoh lamaran kerja File Word
anda.
4 4. Tata
Letak Berkas yang baik
Di Poin ke 3 telah membahas mengenai
pengemasan yang tepat. Yaitu bagaimana File-file hasil Scanning anda di kemas
dengan baik dan simple. Di poin ke 4 ini adalah kelanjutan dari file yang telah
anda kemas tersebut dan bagaimana cara menarik perhatian sebelum file tersebut
dibuka. Yang harus diperhatikan dalam membuat Contoh lamaran kerja yang baik
adalah Curriculum Vitae harus berada di halaman paling atas dari file Word. Berikut
Contoh Lamaran kerja susunannya.
·
Curriculum Vitae
·
Surat Lamaran Kerja
·
Ijazah
·
Transkip Nilai
·
Berkas Berkas Pelengkap.
Agar strategi ini berhasil, maka diperlukan
curriculum vitae yang menarik. Fungsi dari Curriculum Vitae adalah
mempromosikan diri anda sebaik mungkin.
(Baca: CONTOH CURRICULUM VITAE yang DISUKAI
HRD)
5 5. Berikan
Subjek pada Kiriman
Agar Contoh Lamaran Kerja anda tidak sia –
sia, maka harus diperhatikan untuk memberikan Subject Email saat anda mengirim Lamaran Kerja.
Subject tersebut memberikan seberapa penting Kiriman anda dan maksud dari
kiriman anda. Karena tidak semua perusahaan memiliki email recruitment sendiri.
Subject yang Normal adalah Tujuan yang anda lakukan.
Contoh : LAMARAN PEKERJAAN. LAMARAN KERJA.
SURAT LAMARAN KERJA. DLL
Akan tetapi artikel ini menyarankan agar
memberikan informasi berulang yang mempermudah HRD menghubungi anda. Maka berikanlah
identitas tertentu untuk mempermudah komunikasi. CONTOH : LAMARAN PEKERJAAN_ADINDA
AYU_085747159444_MANAGER MARKETING
Dan anda bisa improvisasi untuk membuat
subject. Tapi harap selalu meletakkan kata “Lamaran kerja” di paling depan. Karena
disitu letak point Pesan anda.
6. Berikan
Pesan Singkat mengenai Diri anda pada
Daripada memberikan kesan yang Biasa
dilakukan kabanyakan orang, yaitu mencantumkan surat lamaran Pekerjaan pada
Text Email. Lebih baik memberikan pesan dengan singkat dan tidak pasaran. Intinya,
Contoh lamaran kerja haruslah dengan cepat menarik perhatian HRD.
Setelah itu. Biarkan Surat lamaran anda
berbicara saat file anda telah di Unduh dan dibuka.
Untuk memberikan pesan pada contoh lamaran
kerja. Jangan menggunakan kata seperti disiplin, kerja keras dan sebagainya.
sampaikan saja kata-kata teaser atau penggoda yang sifatnya bersambung dan tak
lengkap, untuk menarik HRD mengunduh File dan membaca selengkapnya dari pesan
anda.
Keseluruhan
Strategi dan cara diatas tidaklah berguna, jika tanpa Perjuangan yang gigih dan
Konsisten. Anda harus benar – benar menerapkannya dengan baik dan Konsisten.
Terimakasih, semoga bermanfaat.
Thank you for the information you give hopefully in the future could be great again
ReplyDeleteBandar Ceme
Agen Domino Terpercaya
Agen Poker Online
Poker Online
The article is good, the information provided is also complete and easy to read
ReplyDeleteJudi Poker
Agen Domino
PokerSemi
Agen Poker
Bandar Ceme
nice article, thank you for sharing
ReplyDeletePoker99
DominoQQ
Capsa Susun
Poker Uang Asli
Judi Poker